Saturday, May 3, 2014

PULAU KARANRANG (Desa Mattiro Bulu, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep)



Pulang dari pertemuan yang membahas tentang Kurikulum 2013, aku dijemput Matuh dengan motor Scoopy yang sudah pasti bukan miliknya. Padahal sejam sebelumnya aku beritahu Patrick via phone kalo aku nggak jadi ke Pulau Cangke. Tapi apa boleh buat, karena Matuh sudah datang, terpaksa  kupacking beberapa perlengkapan dasar yang akan digunakan untuk one-night-camp plus 2 buah kamera. Nah, berhubung aku sudah pernah membahas tentang Pulau Cangke, maka hari ini aku nggak berniat untuk membahasnya kembali. Dalam catatan perjalanan hari ini aku akan secara khusus  membahas Pulau Karanrang. Pulau ini hanya merupakan tempat persinggahan kami jika ingin ke Pulau Cangke. Kami nggak pernah menginap disana. Tetapi selalu saja ingin kutulis sesuatu tentang pulau ini.

Captain Gafur Sparrow
Di Pulau ini tinggallah seorang pemilik kapal motor (biasa disebut "jolloro") bermuatan 30-an orang. Namanya Pak Gafur. Setiap kali mau ke pulau-pulau di sekitar Pangkep kami terpaksa singgah di Karanrang dan menyempatkan diri singgah di rumahnya untuk membeli kebutuhan logistik yang kelupaan atau memang malas kami bawa dari Makassar seperti air minum dalam galon yang beratnya lumayan. Kenal dekat sama beliau sih nggak. Kenal muka iya tapi dalam pertemuan kami hari ini, kelihatannya dia nggak kenal aku sama sekali ^__^.


Bro 'n sista, Karanrang ini merupakan salah satu pulau dari gugusan spermonde di Pulau Sulawesi yang sampai sekarang bukan merupakan tujuan rekreasi favorit karena di pulau ini nggak tersedia satu pun tempat rekreasi. Tapi pemandangan yang ditawarkan oleh pulau tersebutlah yang membuat aku tertarik untuk menceritakan dan memperlihatkannya dalam beberapa foto.

Meskipun terdapat beberapa motor dan sepeda di pulau ini, tetapi dijamin nggak ada satu mobil pun kamu bisa temukan di sini. Demikian pula pohon kelapa. Hampir pasti, pohon kelapa gak mau tumbuh di sini. Kenapa? Mari kita bartanya pada rumput yang bergoyang, dudududu ..... dudududu.

Berikut merupakan hasil jepretanku selama di Pulau Karanrang :




 






*******

And this is me, the author and the photographer:





The story is under construction. Sila mengunjungi post saya sebelumnya.
I sincerely appreciate your taking time to provide your comments and feedback (by clicking on reactions or rate it). Jangan lupa, join this site. Thanks.



----------------------------------------------------------------------------------
Thanx to:

  1. Keluarga besar Komunitas Pencinta Alam - Pintas, Paroki St. Paulus-Tello Makassar.
  2. Member of Group : Arnoldus Dp, Ignatius 'Nda Tau' Matuh, Patrick Wulaa Petrus, Yohanes 'Nyong' Petrus Alfonsus, Stella Alexander, dan Markos Y. Kahia.
  3. The participant: Richard, Resti, dan Marsel, Marsela, Brigita Desi, dan Mardha.
  4. Arnoldus Dp untuk foto diriku yang saya upload juga di sini.

No comments: