Friday, July 10, 2015

TEBING APPARALANG (Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan)

Perjalananku kali ini khusus mengunjungi Apparalang. Sekian kali ke Bulukumba, baru kali ini menikmati keindahan tebing-tebingnya. Ternyata sudah banyak orang yang ke tempat ini meskipun jalanannya sulit dan tempatnya jauh dari pemukiman penduduk. Tapi serius, tempat ini merupakan salah satu tempat yang diciptakan Tuhan paling indah.
Dari salah satu surat kabar online aku baca kalo pemerintah setempat akan menjadikan Appalarang  sebagai salah satu tujuan wisata di tanah Butta Panrita Lopi ini. Makanya jangan heran kalo beberapa gazebo sudah berdiri di tempat ini. Beberapa tangga permanen  dan jalan yang sudah dibeton nampaknya semakin dibenahi.
Secara pribadi saya inginnya tempat ini tetap perawan, alami, dan seperti tak tersentuh tangan manusia. Tapi mengingat kebiasaan manusia yang suka seenaknya (misalnya buang sampah sembarangan), maka saya juga setuju kalo tempat ini dikelola oleh pihak pemerintah atau swasta yang peduli sama lingkungan hidup dan dunia pariwisata. Soalnya kalo ada pengelolanya biasanya tempat itu terjaga kebersihan dan kerapihannya.





*******

Nah, foto-foto berikut merupakan penampakan Tebing Apparalang dan pemandangannya :













 


*******
And this is me, the author and the photographer:



Post a Comment